Saturday, September 10, 2011

Sejarah Terbentuknya Grunge versi 2


Aliran Grunge berasal dari negara Amerika serikat di Kota Seatle, Grunge sendiri berartikan "KOTOR" yang dimana Musik Grunge sendiri mencirikan Distorsy yang kotor. Pendiri Grunge Adalah The Melvins yang beranggotakan 4 Personil, namun pada saat itu Grunge hanya dipandang sebelah mata oleh pribumi Amerika Serikat apalagi di dunia. Pada pertengahan tahun 1989 munculah Band Nirvana yang berpersonilkan 4. dalam singlenya Big Cheese dan About A girl, kemunculan Nirvana dibelantika musik Grunge mendapat cercaan dari Tetua musik itu sendiri, karena Nirvana meracik Musik Rock And Roll dan Heavy Metal yang jauh dari keriteria musik Grunge. namun Kurt Cobain sang Vocalis Nirvana sangat bersikukuh bahwa musik Grunge
yang diluncurkan oleh The Melvins, Screeme on the Strees, Sound Garden, Modheney dll itu bukan GRUNGE (kotor) namun Kurt menyatakan bahwa musik kami adalah Grunge yang sebenarnya. memang benar Kurt dan Nirvana memang mendapat predikat terbaik dari Group band Seatle yang lain, pada saat Nirvana meluncurkan Bleach (album pertamanya) mendapatkan 3jt copy, sehingga The Melvis (god of Grunge) marah dan melarang Nirvana untuk tampil di Seatle dan tampil di Amerika dengan bendera Grunge. namun Kurt sangat yakin bahwa Nirvana adalah Grunge yang dunia cari. Nirvana mulai pentas panggung ke panggung namun karena The Melvins dan Grunge Community menahan Nirvana untuk main di event besar sehingga hanya evet kecil yang harus jalani oleh Kurt dan, namun mulai dari sana Nirvana mulai menjamah kedunia.
1990 Nirvana meluncurkan Album keduanya (3 personil) dengan materi yang lebih melawan Grunge The Melvins dengan memasukan lagu alternatif kedalamnya, seperti Come As You Are, Smells like teen spirit (manjalur ke Punk), Lithium (musik khas Nirvana), Polly (Classical custice) dan semua lagu Nirvana di album tersebut jauh dari kariteria Grunge yang menurut Kurt masih belum jelas kemana Grunge The Melvins berlari, Namun Kurt menuturkan bahwa NIRVANA lah yang sebenarnya mereka cari yang hanya mengandalkan Distorsy yang kotor dan vocal yang emosi dengan lagunya (bukan berarti harus berteriak). oleh karena itu Nirvana menamakan album itu dengan nama NEVERMIND yang initinya menghiraukan apa kata mereka.
dan sangat luar biasa Nevermind masuk ketangga lagu teratas mengalahkan Michael Jackson yang dimasa itu lagi berjaya, dan bahkan mata dunia selalu melirik musik Nirvana.
keistimewaan Nirvana dan Kurt Cobain sebagai penggawa band itu berhasil menghacurkan Musik Rock yang kental,. mulai dari Melody, Arrasement dan Vocal yang tinggi. yang sedari tahun 70an berjaya hingga sebelum Nevermind lahir. Kurt juga meningkatkan gairah Moshing dunia untuk kembali ada. memang dari jaman 70an peraturan Moshing ditiadakan oleh lembaga Musik dunia, namun Kurt sengaja menciptakan lagu yang terkenal sepanjang masa SMELLS LIKE TEEN SPIRIT yang menceritakan pergunakan dengan indah masa Remajamu dengan video clip yang sungguh sungguh kontra dengan kebijakan Musik Dunia itu sendiri dengan menampilkan Moshing Moshing yang sungguh tak beraturan.dan sungguh "Kacang yang tak lupa Cangkangnya" kurt selalu menyanjung The Melvins adalah Tuhannya Grunge. sehingga Grunge pada masa itu beralih ciri ke arah Nirvana dan semua Band Grunge mengikutinya, dan bahkan artis band idola Kurt sendiri SONIC YOUTH pun ikut tunduk dan merasa tarkagum kagum bahwa Nirvana akan sebesar ini.dan di saat itu Grunge bukan lagi terkenal di Seatle akan tetapi Dunia mengakui adanya Grunge.
namun kehendak berkata lain, setelah selesai 5 album diantra 12 album in concert Kurt cobain menghembuskan nafas terakhirnya dalam usia 27th di tahun  1994 pada bulan Maret tanggal 3, yang kematiannyapun masih misterius.
namun itu bukan akhir dari Grunge Nirvana, malah itu adalah awal dari perjalanannya, sebagi bukti pada tahun 2002 Kurt Cobain terpilih menjadi Player Metal Millenium dan Courtney Love (istri Kurt) itu yang mengambil tropi kebesaran Kurt cobain.


sebagai catatan Grunge hanya Musik Khas Seatle, jika teman teman membuat musik Grunge itu bukanlah Grunge yang sah. Dunia menjawab musik Grunge selain di Seatle itu hanyalah Alternatif Rock, dan sanggahan itu juga diakui oleh SILVERCHAIR band yang sama sealiran seperti anak Seatle namun Silverchair mengaku bahwa Seatle adalah Grunge dan Grunge adalah Seatle dan dan kami bukanlah diSeatle walaupun musik kami adalah Seatle Sound (Grunge)
TERSERAH MEREKA MAU BILANG APA YANG PENTING HATI KITA TETAP GRUNGE !!

No comments :

Post a Comment

Jangan lupa komentarnya